Tips Klaim Asuransi Mobil Cepat Dan Mudah

tips klaim asuransi mobil

Setiap orang yang mempunyai kendaraan pribadi baik itu roda dua maupun roda empat membutuhkan asuransi kendaraan yang bisa memberikan jaminan biaya ketika kendaraan hancur karena kecelakaan yang tidak di sengaja, hilang karena dicuri maupun terbakar. Tetapi, ada beberapa orang yang masih belum mengerti bagiamana caranya atau tips klaim asuransi mobil supaya cepat cair. Jika kalian tidak mengerti bagaimana caranya melakukan klaim, tentu proses pencairannya akan mengalami hambatan dan memberikan kerugian buat kalian sebagai pemilik kendaraan tersebut.

Cara Dan Melakukan Klaim Asuransi Mobil Supaya Lancar Dan Cepat Cair

Selain menentukan salah satu pilihan asuransi kendaran yang terbaik di Indonesia, kalian juga perlu memperhatikan beberapa tipsnya supaya ketika kalian ingin mengklaim asuransi mobil dapat berlangsung dengan lancar serta mudah cair seperti yang di kutip dari sumber Financial Express berikut ini:

1. Segera Melakukan Informasi Kepada Pihak Penanggung
Ketika kalian sedang mengalami hari buruk dimana terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan pada kendaraan anda, segera berikan laporan informasi dalam kurun waktu kurang dari seminggu. Semakin cepat kalian memberikan laporan tentu proses pengajuan klaimnya juga semakin cepat untuk di proses.

Tetapi, ada hal penting lainnya yang perlu kalian perhatikan, yaitu harus memperhatikan hal-hal mendasar dari setiap penyedia asuransi kendaraan termasuk pada batas waktu ketika melakukan klaim. Karena, ada beberapa penyedia layanan asuransi yang hanya memberikan batas waktu kurang lebih hanya satu hari dan paling lambat dua hari.

Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui informasi dan ketentuan apa saja yang sudah di putuskan oleh pihak penyedia asuransi sebelum kalian ingin mendaftarkan kendaraan pribadi ke pihak asuransi tersebut maupun pembelian polis.

2. Setiap Dokumen Untuk Memenuhi Kebutuhan Klaim Asuransi Kendaraan Harus Dilengkapi
Proses klaim asuransi dapat dilakukan ketika kalian sudah melengkapi dokumen. Untuk mengetahui berkas apa saja yang harus di penuhi supaya proses pencairan asuransi bisa berlangsung dengan baik, kalian harus menghubungi perusahaan asuransi untuk menanyakan dokumen apa saja yang dibutuhkan dan kapan waktu pemberkasannya.

Setiap perusahaan asuransi tentu mempunyai peraturan yang berbeda-beda mengenai berkas apa saja yang harus disiapkan ketika pemilik polis ingin mendapatkan sejumlah dana untuk memperbaiki kendaraanya.

Baca Juga: Minggu Depan Ganjil Genap Kendaraan Mulai Berlaku

Biasanya dokumen yang dibutuhkan sebagai salah satu syarat supaya prosesnya berjalan dengan lancar adalah formulir klaim, polis asuransi, sertifikat pendaftaran dan juga SIM. Berkas-berkas ini harus disiapkan dari jauh hari, jadi ketika kalian sedang mengalami hari tidak baik yang berkaitan dengan kendaraan bisa langsung melakukan pencarian asuransi.

3. Mengambil Foto Dii Lokasi Terjadinya Kecelakaan
Jika kalian masih sanggup berdiri dan luka yang dialami tidak begitu parah, segera lakukan pengambilan gambar pada lokasi kecelakaan dan juga pada bagian kendaraan yang mengalami kerusakan. Nantinya gambar ini diserahkan oleh penyedia asuransi sebagai bukti otentik ketika kalian ingin melakukan klaim.

Supaya proses klaim nya lebih cepat lagi, maka kalian juga bisa mengumpulkan nama dan nomor handphone dari saksi dan juga pihak ketiga yang terlibat dalam kecelakaan tersebut. Dengan adanya data ini, tentu bukti kalian semakin kuat sehingga pihak asuransi harus segera melakukan proses pencairan dengan cepat.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai beberapa tips dan cara mudah supaya proses klaim asuransi mobil kalian berjalan dengan lancar dan mudah didapatkan. Dan pastikan sekali lagi, sebelum kalian ingin melakukan pembelian polis sebaiknya ketahui dulu ketentuan pada saat ingin melakukan proses klaim, ketahui produknya, sampai dengan review dari pemilik polis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *